4 Film Pendek Anak Bangsa Yang Go International

Dari sekian banyak cara yang membuat nama Indonesia dikenal dunia, film pendek banyak membawa nama Indonesia dikenal dikancah internasional. Ada cukup banyak film-film Indonesia yang berhasil membawa pulang banyak penghargaan dunia internasional. Walaupun, berupa film pendek tapi bila ditekuni dengan serius, karya tersebut bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Ada begitu banyak film-film pendek karya anak bangsa yang masuk kedalam nominasi ajang-ajang bergengsi. Dan berikut adalah film-film pendek yang berhasil mendunia.

Film Pendek Indonesia Yang Berhasil Dikenal Dunia Tahun 2016

Dibawah ini adalah empat judul film pendek yang berhasil mengantaran nama Indonesia dikancah internasional.

On The Origin Of Fear – 2016

Film pendek satu ini mempunyai jalan cerita yang rumit. Film ini mengangkat kisah pada masa orba atau orde baru. Film On The Origin Of Fear ini mempunyai pesan didalamnya mengenai kekerasan yang menjadi cara untuk bisa mempertahankan kekuasaan pemerintah, film ini dibuat sebagai bentuk untuk memperingati 50 tahun pasca tragedi ditahun 1965. Sang sutradara Bayu Prihantono tidak membayangkan sebelumnya, bahwa karya film debutnya ini bisa sampai diputar di Festival Film Venice Internasional 2016. Indonesia patut berbangga dengan adanya film ini, karena tidak banyak film Asia yang mampu menembus VIFF.

Prenjak – 2016

Berkisah tentang seorang wanita bernama Diah. Disebabkan oleh kondisi perekonomian yang buruk, memaksanya untuk memutar otak agar bisa mendapatkan uang. Dan pada akhirnya Diah menjual korek api pada Jarwo. Harga untuk satu batang korek api dipatok dengan harga Rp. 10.000. Terlalu mahal? Memang, tapi korek api tersebut laris. Sebab, sebatang korek digunakan sebagai penerang untuk melihat daerah kewanitaan Diah.

Film pendek ini telah diputar sebanyak tiga kali di Festival Film Cannes 2016. Tidak hanya diputar, tetapi juga berhasil membawa pulang penghargaan Le Prix Decouverte Leica Cine sebagai film pendek terbaik.  Prenjak didapuk sebagai film pendek yang menampilkan puisi yang mengejutkan nakal dan gelap.

05.55 – 2016

2006 silam, Indonesia berduka karena peristiwa gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta. Kota Yogyakarta dalam semalam dipenuhi dengan isak tangis. Dari peristiwa itu, menginspirasi para anggota komunitas film independent yang ada di Yogyakarta dan membuat film yanng diberi judul 05.55.

Dan ternyata film ini berhasil diapresiasi oleh dunia. Salah satunya menang kategori Best Cinematography dalam Global Short Film Award ditahun yang sama. film 05.55 karya Mohammad Azri dan Tiara Kristiningtyas ini juga banyak mendapat penghargaan dari tanah air. Format film Raja Poker ini, hitam putih tanpa adanya satu dialog pun dan berhasil membangun suasana mencekam dari kejadian gempa saat itu.

Film Pendek Indonesia Yang Berhasil Dikenal Dunia Tahun 2017

Di tahun 2017 ada juga film pendek yang berhasil go international, yakni;

The Seen and Unseen – 2017

The Seen And Unseen adalah film pendek yang dirilis tahun 2017 yang mengangkat kisah tentang anak kembar yang mempunyai keterikatan batin yang kuat. Mereka adalah Tantra dan Tantri. Disuatu hari, Tantra sakit dan harus dirawat. Setiap saat Tantri selalu setia untuk menemani  Tantra selama dirumah sakit. Salah satunya adalah dengan menari untuk menghibur Tantra. Sampai Tantra meninggal, Tantri pun masih tetap menari. Bedanya adalah, Tantri menari sambil ditemani dengan mahkluk lain.

The Seen And Unseen ini berhasil mengantarkan nama Indonesia ke kancah internasional, yaitu Toronto International Film Festival ditahun 2017. Film ini bahkan menjadi satu-satunya film asal Indonesia yang dipertontonkan di acara bergengsi tersebut. Tahun ini, film The Seen And Unseen ini ikut meramaikan bioskop tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *